December 03, 2009

Long weekend trip 2nd day

Hari ke 2 tgl 26 Nov,  jam  6.30 udah bangun lalu siap2 n cari sarapan keluar, eh ketemu tukang gudeg, mbo mbo ud tua banget, kita beli makan di situ, gudeg komplit ada krecek, telor, ayam suir, tahu, tempe,  aku pesen nasi gudeg pake krecek sama ayam suir, KS pesen gudeg komplit, lalu 1 lagi gudeg komplit bungkus. Total Rp 23,000. Enak  gudegnya pas manisnya  & kreceknya juga enak banyak rawitnya...

jam 8 mobil sewaan dateng, mobil gede KIA Pregio karena rombongan kita dewasanya 6, anak-anak 4 orang... lalu berangkat ke dataran tinggi Dieng...perjalanan 4 jam kesana, jadi pulang balik 8 jam bo...wih
Di perjalanan anak-anak Naink ributnyaaa :  pada bercanda, brantem, bercanda lagi, berantem lagi, teriak2 lapar, pokoke rame banget deh...
Di tengah perjalanan, masuk kota Wonosobo, anak-anak pada ribut laper, akhirnya berenti d untuk makan siang. Pak Tomo ajakin kita makan yg khas daerah situ, jadilah kita makan mie ongklok n sate sapi di warung bu Umi.

Di sebelah warung mie ongklok ada warung bakso, jadinya mencar karna Naink family pencinta bakso sejati, hanya si Jazzhel, anak Naink yg pertama yg ikut kita.

Penasaran apaan sih mie ongklok, isinya mie basah, pake kol, kucai, disiram kuah kentel kaya kuah lomie, tapi yg ini ga pake daging, kuahnya lebih kentel dari lomie n rasanya manis. Enak juga sih unik, tapi aku ga suka kucainya dikasih banyakkkk banget n karena kemanisan aku makannya pake rawit lagi...terus sate sapinya hmmm....enak banget, dagingnya pas, bumbu kacangnya juga enak, ga semedok bumbu sate ayam...agak encer tapi pas rasanya. 1 porsi mie ongklok Rp 4500, 1 porsi sate sapi isi 10 tusuk Rp 10,000. ini penampakannya :

Jam 1 an kita baru sampe di Dieng, lalu mengunjungi Telaga Warna, sayang karena hujan  ga keluar deh warna warninya. Warna warni nya baru keluar kalo ada matahari. Kata pemandunya, telaga itu dari kawah sehingga airnya mengandung belerang, belerang inilah yang menyebabkan warna warni bila kena matahari, dasar telaganya adalah lumpur hisap, jadi ga ada yg boleh berenang di situ. Telaganya memang besar n terlihat golakan-golakan kaya air mendidih di tengah telaga. Kesannya misterius, berdasarkan cerita rakyat yg pernah kubaca waktu kecil, konon ada putri yg sangat sedih  gara-gara ga mau dikawinin ama raja jahat, air matanya saking banyaknya menjadi telaga yang berwarna warni. Tau bener tau engga....Cantik ya telaganya, pas kita dateng warnanya hijau, kuning, hitam

Abis dari telaga kita menyusuri jalan setapak, ketemu patung Gajah Mada dan di belakangnya ada batu besar berbentuk Semar, makanya disebut batu Semar. Di dalamnya ada goanya namanya goa Batu Tulis, tempat orang bertapa. Lalu ada lagi Goa Sumur, goanya Dewi Sri, tempat bertapa kalo orang minta jodoh, lalu ada Goa Trimurti, tempat bertapa orang mau minta anak, lalu ada goa Semar tempat bertapa nya pejabat, konon katanya presiden RI ada yang pernah bertapa di situ. Semua goa ada juru kuncinya, jadi kalo mau masuk mesti pake ijin juru kunci, ih serem aku, goa2nya berkesan mistissss

ini foto-foto goanya n kita foto bareng di batu semar.

keluar dari situs pergoaan, kita beli kripik, kacang, buah manisan cerica khas Dieng.
Masing-masing harganya Rp 10,000,  kalo yg kecil Rp 5000

abis itu kita ke kawah Sikidang, mencapai ke kawahnya lumayan jauh tapi krn pemandangannya bagus, jadi ga berasa jauh, karna sebentar-sebentar brenti buat foto...dasar semua pada narsis mode on...Kawahnya masih aktif, belom nyampe kawahnya aja ud bisa kedengeran air mendidih bergolak - golak di tanah yang kita injek, hiiyyy serem aja takut tiba-tiba jeblos tanahnya, mateng deh kejebur kawah...ini kita pengen foto rame-rame di pinggir kawah, udah mejeng-mejeng eh tiba-tiba asapnya nyembur ke kita, jadilah foto kita berselimut asap belerang...he...he...dan ini sebagian pemandangan menuju dan deket kawahnya :

abis dari Dieng pulang deh jam 8 malem sampe Jogja lagi. Makan malam di Soto Kadipiro II, yahhh kaga difoto, lupa saking lapernya . Soto ayam kuah kunig bening, pake perkedel. 1 mangkoknya Rp 10,000 + nasi jadi Rp 13,000. Di rumah makannya banyak dipajang foto artis-artis yg pernah berkunjung ke situ.